Menghapus atau menambah dosa?


Hari lebaran memang hari dimana semua orang membukakan pintu maaf. Tapi apa benar?apa semua dengan ikhlas memaafkan? atau hanya semboyan tanpa arti? hanya mengucap “mohon maaf lahir bathin” tapi hati tidaklah ikhlas. Astaghfirulloh…, takut. Tapi ini yang mungkin terjadi sobat. Dihari kemenangan berharap semua orang dapat merubah diri menjadi lebih baik. Lahh loh kok malah banyak kejahatan? -_-”

Berharap keluarga sekelompok pencopet/jambret bisa mendapatkan hidayah dan taubat di saat hari yang suci ini. Tapi kenyataannya mereka memanfaatkan semua keadaan. Mencuri sandal di mushala, mencopet di pasar ramadhan, menjambret di swalayan, membuntuti orang dari bank dan merampoknya bahkan membunuhnya. Sungguh kejam, terus apakah mereka bagian dari kita? yang benar-benar bahagia saat ramadhan tiba dan mengumpulkan banyak ibadah.

Contoh yang lebih kecil lagi. Saat sebuah keluarga berkumpul saat lebaran tiba. Banyak liburan dan banyak kegiatan jalan-jalan yang dilakukan. Dan peristiwa ditilang polisi tak terelakkan. Tiba dirumah, ibu dan kakak laki-lakinya marah. Emosi yang tinggi memecahkan kegiatan silahturahmi. Malah yang terjadi goresan luka terbesit di hati masing-masingnya. Apa itu yang di harapkan disaat lebaran tiba? Tentu tidak. Bukan menghapus dosa malah menambah dosa.

Lalu saat kegiatan silahturahmi berlangsung para ibu yang berkumpul masih bergunjing tentang tetangga yang tidak buat kue lebaran, kue lebarannya tidak enak, dan tidak ganti baju lebran. ckckckck…., miris bener ngelihatnya. Lalu dimana letak kegiatan mengurangi dosa.

Lalu untuk siapa kah lebaran yang sesungguhnya? Harus bagaimana kegiatan yang seharusnya kita lakukan? Kalau aku mungkin cukup berdiam diri dan berbicara dengan hati sendiri.hahahah…..
Semoga saja setan semakin sulit ya masuk ke dalam hati kita. Dan di lebaran berikutnya menjadi moment yang sangat berharga untuk kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s